JUARA 1 JOURNALISM ADVENTURE 2015 UWM SE INDONESIA 6-7 PEBRUARI 2015

JUARA 1 JOURNALISM ADVENTURE 2015 UWM SE INDONESIA 6-7 PEBRUARI 2015



SMA N 3 Ponorogo kembali mengkuti kompetisi jurnalistik yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada 6-7 Maret 2015. Kompetisi tingkat nasional itu diselenggarakan dalam dua hari yang diikuti SMA Ternama dari kota Ponorogo, SMA PETRA Surabaya dan sekolah Cina lainnya  sampai Maumere,Flores NTT. Kegiatan bertempat di gedung Univ.Katolik Widya Mandala di JL. Dinoyo 42-44 Surabaya, Jawa Timur.
Kompetisi jurnalistik ini mengangkat tema “Journalistic Adventure” dimana terdiri dari dua babak, yakni babak penyisihan yang dilaksanakan pada Jum’at, 6 Maret 2015 dan babak final pada Sabtu, 7 Maret 2015. Kompetisi ini dilaksanakan dengan system rally. Pada babak penyisihan, terdapat 20 pos yang tersebar di seluruh lantai 2-9 gedung Unika Widya Mandala. setiap kelompok bebas secara acak mencari dan melakukan game/tantangan yang ada pada setiap pos, tim yang berhasil melakukan hal tersebut akan mendapat poin. Ada beberapa pos di babak penyisihan, diantaranya : Pos “guess who are they”, “puzzle pos”, “article estafet”, “truth or lie”, “tic tac toe”, “memasangkan alat seorang jurnalis” dan masih banyak lagi. Uniknya, untuk memacu kekompakan tim, untuk mencari 20 pos yang tersebar di lantai 2-9 ini peserta tidak boleh menggunakan lift, melainkan menggunakan tangga. Babak penyisihan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.30 WIB. Tim yang telah mendapatkan poin banyak, dapat menukarkan tiap 200 poin dengan 1 koin, tiap 1 koin mendapat bonus 10 poin lagi. Akhirnya, setelah waktu habis, seluruh peserta mengumpulkan kantong poin dan koin mereka kepada panitia. Begitu pula dengan tim SMAN 3 Ponorogo, yang berhasil mengumpulkan total 914 poin.
Sambil menunggu penguman, ada band pengisi, namun kami memutuskan untuk shalat  di mushola kampus. Setelah itu,sekitar pukul 18.00 tibalah saat pengumuman. Perasaan kami, tim EXPLOSIVE dari SMAN 3 Ponorogo tidak karuan, cemas-penasaran-capek jadi satu. Akan diambil 9 tim terbaik yang akan masuk ke babak final dengan poin tertinggi. Alhamdulillah, setelah 8 tim pertama diumumkan, akhirnya urutan ke-9 di raih TIM Explosive, kami sangat senang dan bersyukur, serasa rasa capek lari-lari saat babak penyisihan kini sudah terbayar.
Setelah pengumuman, para finalis mendapat pengarahan mengenai pengetahuan dan system lomba pada babak final, yaitu :broadcasting(penyiar radio), news reading, dan foto jurnalistik. Broadcasting di isi oleh penyiar radio Pro 2 RRI, news reading di isi oleh news anchor dari JTV, dan foto jurnalistik diisi oleh panitia UWM.
Keesokan harinya, 7 Maret 2015, pukul 09.00 WIB babak final wimarallistic dimulai. Kini ada 3 pos penting yang di jalani oleh seluruh finalis. Tim Explosive dari sman 3 ponorogo mendapat pos broadcasting untuk yang pertama. Di lomba tersebut, formatnya adalah siaran radio dimana penyiar juga menjadi operator di system mixer nya. Sebelumnya, setiap tim diberi teks tema oleh panitia, kemudian di beri waktu 50 menit untuk membuat script siaran. Lalu, perwakilan satu orang menjadi penyiar, dan Meylan menjadi perwakilan dari Explosive team. Ada 3 dewan juri yang menilai, dua diantaranya dari prambors radio dan satu dari metro tv. Pos ini berhasil kita lewati meskipun dengan harap-harap cemas kami meninggalkan ruangan tersebut.
Kedua, adalah pos News reading, dalam news reading ini formatnya adalah membuat berita-reporter-disampaikan oleh reporter. Setiap tim diberi waktu 50 menit untuk membuat berita dan melakukan liputan, setelah itu 40 menit untuk mengedit, dan 10 menit untuk menampilkan. Akhirnya, SMAN 3 Ponorogo yang diwakili ELVRINA BV berhasil membuat seluruh juri senang, 3 dewan juri dari JTV dan lainnya itu memberikan komentar yang sangat memuaskan, bahkan tim kami mereka katakan sebagai tim terbaik dari segi persiapan, kesiapan, penyajian, reporternya juga dan sebagainya, Alhamdulillah.
Yang terakhir, adalah foto jurnalistik. Kami sempat grogi karena 3 orang di tim kami tidak ada yang PD menjadi fotografer, tetapi itu tak menjadi masalah, buat kami selama bias dipelajari kami akan berusaha. Di pos foto ini, formatnya adalah peserta diberi waktu 40 menit untuk mengambil foto dengan tema yang ditentukan. Setelah itu 20 menit untuk mengedit dengan member caption pada foto untuk dipresentasikan. Alhamdulillah,  CICI  bisa mendapatkan foto jurnalistik tersebut dan di presentasikan dihadapan 3 orang juri dari metro tv, dan 2 lainnya .
Pukul 16.00 babak final selesai, Alhamdulillah rasa capek, lega, penasaran hinggap di masing-masing jiwa kami. Menuggu pengumuman, kami beristirahat. Sampai saat maghrib, tibalah pengumuman. Diambil 3 juara, dan juga best radio, best foto, dan best team.
Saat itulah jantung kami serasa naik ke level maximum, deg-degan tingkat tinggi menerpa, rasa ikhlas juga ada, do’a-do’a kami panjatkan. Dan, semangat kami melemah ketika semua kategori best diumumkan, ketika juara 3 dan juara 2 diraih oleh tim lain.. seketika jeritan syukur terucap ketika MC membacakan “Juara satu diraih oleh… EXPLOOOSIVE TEAM!!!!!!!” tidak bisa berkata-kata, expectasi kita tidak setinggi itu, tapi kami pemenangnya. Terimakasih semuanya.
Kami senang, letih dan segalanya terbayar sudah. Awarding itu sangat meriah, finalis lain member kami selamat dan sebagainya dengan cara mereka, kakak panitia juga demikian. Kami melihat ini suatu karunia, Alhamdulillah. Kami berfoto, menerima Trophy, Piagam, Medali emas, dan uang pembinaan. Sangat gembira.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "JUARA 1 JOURNALISM ADVENTURE 2015 UWM SE INDONESIA 6-7 PEBRUARI 2015"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel